Kamis, 17 September 2020

Jenis dan Cara Mengelola Inventori

Info Mustika - Inventori menjadi sistem yang sangat bermanfaat dimana akan membantu dalam menjaga stok barang. Inventori dalam bahasa Indonesia artinya persediaan yang secara umum diartikan sebagai sistem pengaturan data persediaan barang berkaitan dengan aktivitas logistik perusahaan.  

inventori

Jenis-jenis Inventori  

1. Bahan Baku  

Salah satu jenis inventori yaitu bahan baku atau barang mentah yang menjadi jenis persediaan pertama. Seorang manajer harus mampu memastikan ketersediaan bahan baku karena tanpa bahan baku tentu proses produksi tidak akan bisa berjalan.  

Tanpa adanya bahan mentah, proses produksi terhambat dan akan berimbas di berbagai bidang dalam perusahaan. Inventori harus dikelola dengan baik agar keberlangsungan perusahaan bisa berjalan lancar. Bagi, pengusaha atau pedagang kecil, inventori juga harus diatur agar hasilnya maksimal, misalnya menggunakan  Bukuwarung. 

2. Barang Setengah Jadi  

Barang setengah jadi juga disebut dengan barang dalam proses. Biasanya barang ini akan didistribusikan ke pabrik lain untuk dijadikan bahan jadi. Nah, pengelolaan inventori pun sangat bermanfaat untuk menentukan berapa banyak barang yang harus didistribusikan sesuai dengan permintaan pasar.  

3. Barang Jadi  

Setelah barang setengah jadi maupun bahan baku, selanjutnya akan diproses menjadi barang jadi yang siap untuk dipasarkan. Manajemen dalam mengatur jumlah tersedia yang baik akan membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal.  

4. Barang Suplai  

Barang Suplai harus dikelola oleh pihak yang ahli di bidangnya yaitu manajemen inventori. Pada bagian ini, barang harus dikelola dengan baik, salah satunya yaitu memilih mana yang akan digunakan untuk produksi mana yang tidak digunakan.  

5. Barang Dagangan  

Barang dagangan dalam manajemen inventori harus jelas jumlah dan jalur distribusinya.  

Cara Mengelola Inventori dengan Benar  

Dalam menjalankan sebuah bisnis, mengelola inventori menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Berikut beberapa cara tepat dalam mengelola inventori :  

1. Mengatur tempat penyimpanan 

Cara pertama dalam mengelola inventori yaitu dengan mengatur tempat penyimpanannya. Tempat penyimpanan yang rapi tentu memudahkan Anda dalam mengambil maupun meletakkan barang-barang inventori.  

2. Memperkirakan Pergerakan Stok Barang  

Memperkirakan pergerakan stok barang artinya Anda harus mengetahui jumlah stok barang yang nantinya akan dibutuhkan beberapa waktu mendatang terlebih dulu. Apalagi jika Anda menjual barang lebih dari satu jenis, tentu hal ini terasa lebih sulit. 

3. Membuat Daftar dan Jumlah Stok  

Membuat daftar dan jumlah stok akan memudahkan Anda mengetahui stok inventori yang ada kapanpun. Dengan adanya daftar ini, Anda akan dipermudah dalam mengontrol aktivitas inventaris. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis barang mana saja yang terjual.  

Dalam membuat daftar dan jumlah tok tidak lagi dengan mencatatnya di buku, dengan bantuan bukuwarung Bukukas akan mempermudah menyelesaikan urusan Anda berkaitan dengan pengelolaan bisnis, salah satunya inventori.

0 komentar:

Posting Komentar