Senin, 24 Agustus 2020

Sewa Genset dan Pengadaan Listrik di Jakarta

Info Mustika - Di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, listrik memegang peranan penting untuk mendukung kemajuan bisnis atau usaha. Sayangnya kadang pasokan listrik tidak stabil dan bisa menghambat jalannya proses bisnis. Karenanya, sudah menjadi hal yang wajar jika suatu instansi atau perusahaan menyediakan genset sebagai cadangan listrik. Pertanyaannya, lebih baik membeli atau menyewa genset? Dengan melihat berbagai pertimbangan di bawah ini, maka sewa genset jakarta bisa menjadi pilihan.

sewa genset jakarta
 

Pengurusan Ijin

Perlu diketahui bahwa kepemilikan genset harus menyertakan perizinan yang berlaku baik ijin operasi (IO) maupun sertifikat laik operasi (SLO), tergantung kapasitas genset tersebut. Selain itu, juga harus menyiapkan tenaga operator siap pakai yang sudah tersertifikasi sesuai peraturan yang berlaku.

Pemeliharaan

Harga genset yang tidak murah tentunya harus diimbangi dengan pemeliharaan oleh orang yang mumpuni dan mempunyai skill tentang maintenance genset agar masa pakai genset bisa lebih lama. Masalah utama genset biasanya ada pada elektrikal nya maupun pada mekanikal nya, tetapi sayangnya jarang sekali orang yang menguasai keduanya.

Dengan segala keribetan operasional genset tersebut, maka perusahaan sewa genset menjadi pilihan yang lebih tepat.  Semua hal yang tersebut di atas akan menjadi tanggungjawab penyedia jasa atau vendor sewa genset sehingga pelaku usaha bisa lebih fokus pada core bisnis dan pengembangannya.

Namun demikian, alternatif lain untuk pengadaan listrik bagi pelaku usaha selain genset adalah dengan cara pasang solar panel atau panel surya. Solar panel adalah alat yang dapat merubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Cara kerjanya adalah dengan menangkap cahaya matahari untuk kemudian dikumpulkan dan diubah menjadi listrik.

Keuntungan pasang solar panel terutama bagi industri adalah hemat karena memanfaatkan energi matahari yang berlimpah dan gratis. Apalagi posisi negara Indonesia yang sangat strategis untuk bisa menangkap cahaya matahari hampir sepanjang tahun. Selain itu solar panel juga ramah lingkungan sehingga pelaku usaha tidak hanya memperhatikan profit semata, tapi juga ikut serta mengurangi polusi dan menjaga bumi dari kerusakan. Hal yang perlu disiapkan oleh pelaku usaha yang ingin menggunakan energi surya adalah biaya di awal yaitu biaya pemasangan. Untuk lebih detail ada baiknya berkonsultasi dengan tim ahli yang bergerak di pembangkit listrik tenaga surya.

0 komentar:

Posting Komentar