Jumat, 05 April 2019

Keuntungan Menggunakan Jasa dari Perusahaan Syariah

Info Mustika - Asuransi saat ini telah menjadi tren di kalangan masyarakat menengah atas maupun menengah bawah. Banyak yang sudah mendaftarkan dirinya untuk menjadi pemegang polis asuransi. Tetapi ada beberapa orang yang justru tidak ingin menggunakan asuransi karena beberapa hal yang berkaitan dengan asuransi tersebut bertentangan dengan ajaran syari’at Islam. Inilah yang mendasari beberapa perusahaan asuransi menyediakan asuransi kesehatan syariah  dan asuransi lainnya yang juga bersifat syariah. 

Tidak hanya asuransi, Adanya produk tersebut, masyarakat yang merasa ragu bisa menjadi lebih tenang karena semua aktivitas akan dilakukan berdasarkan hukum Islam. Namun jangan salah, meskipun produk tersebut didasarkan pada hukum Islam, bukan berarti masyarakat beragama lain tidak boleh memilikinya. Apalagi dengan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terhadap pemegang polis asuransi ini, membuat banyak masyarakat tertarik untuk memilikinya. 

asuransi kesehatan syariah

Lalu apa saja sih keuntungan dari produk asuransi ini? Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

1.    Penjaminan transaksi diawasi oleh Dewan Pengawas Syari’ah 

Pengawasan ini dilakukan agar transaksi apapun yang terjadi dan dilakukan di asuransi kesehatan syar’iah tetap sesuai dengan prinsip syari’ah. Sehingga nasabah akan merasa aman dan percaya bahwa asuransi tersebut sesuai dengan syari’at Islam. 

2.    Lebih transparan dari pada konvensional 

Sebelum transaksi disetujui, pihak asuransi kesehatan syari’ah pasti akan memberikan Anda konsep pembagian yang jelas. Berapa bagian untuk pengelola, berapa porsi resiko dibagi pemegang polis. Sehingga nasabah akan mengetahui kesepakatan tersebut di awal. Tidak ada apapun yang disembunyikan oleh pihak asuransi. 

3.    Konsep tolong menolong 

Anda mendaftarkan diri di asuransi kesehatan syari’ah itu sama artinya dengan Anda mendonasikan sebagian dana Anda tersebut untuk menolong nasabah yang lainnya. Nasabah yang mengalami musibah terhadap kesehatan mereka. Setiap periode tertentu, akan diadakan pembagian keuntungan yang diperoleh secara rata untuk kedua belah pihak sehingga akan memberikan kenyamanan kepada keduanya.   

4.    Tidak ada transaksi yang bertentangan dengan ajaran Islam

Beberapa larangan yang jelas dilarang dalam transaksi keuangan syari’ah adalah riba, gharar dan maisir (judi). Jika Anda menggunakan asuransi syari’ah, praktik-praktik tersebut dijamin tidak akan terjadi. Semua proses transaksi akan diolah oleh pihak asuransi dengan rapih sesuai dengan syari’at Islam. Sehingga perjanjian-perjanjian akan terhindari dari transaksi terlarang diatas.  

5.    Konsep titipan, tidak ada istilah dana hangus 

Dana yang disetorkan nasabah tidak akan hangus dikarenakan asuransi kesehatan syari’ah memiliki konsep titipan. Bagaimana sebenarnya konsep titipan ini? Dana akan dikembalikan dari rekening nasabah yang telah disendiri-sendirikan dari rekening tabrru’. 

Keuntungan diatas hanya akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan asuransi syari’ah. Nah tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda di Asuransi kesehatan syari’ah.

0 komentar:

Posting Komentar