Sabtu, 23 Februari 2019

Tips Mengubah Kerja Sampingan Menjadi Pekerjaan Utama

Info Mustika - Selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa kerja sampingan hanyalah sebatas menyalurkan hobi saja. Anggapan tersebutlah yang kemudian membuat jenis pekerjaan yang satu ini seringkali dipandang sebelah mata. Padahal apabila ditekuni bukan tidak mungkin untuk mengubahnya menjadi pekerjaan utama. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.  

kerja sampingan

1. Temukan Terlebih Dulu Motivasi Terbesar Anda  

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menemukan terlebih dulu motivasi terbesar Anda. Motivasi yang dimaksud di sini adalah alasan terbesar yang membuat Anda sudah tidak ingin mempertahankan pekerjaan utama yang sekarang dimiliki dan lebih memilih profesi yang menjadi sampingan. Apakah itu karena hobi atau karena hasilnya lebih menjanjikan?  

Apapun itu, pastikan bahwa Anda sudah memiliki motivasi yang kuat terlebih dulu sebelum mengambil keputusan. Soalnya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keyakinan Anda ketika menjalani profesi tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk meminta saran dari orang sekitar tentang keputusan yang akan diambil. Hal ini berguna untuk memantapkan pilihan Anda.  

2. Persiapkan Tabungan Terlebih Dulu  

Tidak bisa dipungkiri mengubah profesi sampingan menjadi pekerjaan utama memiliki banyak risikonya. Risiko paling utama yang mesti dihadapi adalah finansial yang menjadi tidak stabil. Hal tersebut tidak lepas karena pekerjaan yang tergolong masih sampingan pastinya belum memiliki pemasukan menjanjikan. Apalagi kalau dibandingkan dengan pekerjaan utama.  

Untuk menghindari terjadinya finansial yang berantakan ketika Anda mengambil keputusan ini maka penting sekali menyiapkan tabungan terlebih dulu. Tabungan ini nantinya berguna sebagai pegangan sekaligus jaminan hidup Anda. Hal ini berguna apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan juga kebutuhan mendadak maka Anda bisa menggunakan tabungan ini dulu.  

3. Pastikan Sudah Menguasai Bidang Tersebut  

Apabila Anda memang sudah mantap untuk menjadikan kerja sampingan sebagai pekerjaan utama maka pastikan sudah menguasai bidang tersebut. Contohnya Anda ingin mengubah pekerjaan sampingan fotografer sebagai pekerjaan utama tentunya Anda sudah harus menguasai kemampuan fotografi. Jangan sampai kemampuan yang dimiliki ternyata masih kurang.  

Soalnya apabila ternyata kemampuan yang Anda miliki ternyata di bawah rata-rata pastinya akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak lain. Sesuatu yang jelas akan membuat semakin sulit untuk menjadikan sampingan ini menjadi pekerjaan utama. Jadi tidak ada salahnya untuk mendalami kemampuan ini terlebih hingga Anda pantas disebut sebagai seorang profesional.  

4. Bangun Jaringan Terlebih Dulu  

Relasi atau jaringan pada sebuah pekerjaan adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh siapapun. Tidak terkecuali bagi Anda yang memang ingin menjadikan profesi sampingan ini sebagai pekerjaan utama. Pastikan terlebih dulu sebelum Anda keluar dari pekerjaan utama maka Anda sudah memiliki jaringan yang baik terlebih dulu.  

Soalnya jaringan ini sendiri akan sangat membantu Anda dalam lebih memperlancar pekerjaan sampingan nantinya. Mulai dari lebih mudah mendapatkan klien hingga lebih mudah untuk melakukan promosi. Jadi tidak ada salahnya ketika Anda masih bekerja di pekerjaan utama maka bisa sambil membangun jaringan terlebih dulu.  

5. Pilih yang Memiliki Jangka Panjang  

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih pekerjaan sampingan yang memiliki karir jangka panjang. Soalnya pekerjaan yang satu ini akan dijadikan pekerjaan utama Anda. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa pekerjaan memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Supaya Anda nantinya tidak sia-sia dalam memilih pekerjaan tersebut.  

Dengan semua penjelasan di atas pastinya Anda sudah tidak kesulitan lagi dalam menjadikan kerja sampingan sebagai pekerjaan utama. Hanya saja pastikan bahwa memang Anda benar-benar serius dalam menekuninya supaya nanti tidak berhenti di tengah jalan.

0 komentar:

Posting Komentar