Minggu, 10 Februari 2019

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis di Tahun 2019

Info Mustika - Setiap bisnis memiliki risiko yang wajib dipahami oleh pemula. Oleh sebab itu, perlu persiapan matang baik mental dan finansial agar usaha Anda bisa berjalan secara maksimal. Bisnis di tahun 2019 masih terbuka lebar sehingga Anda wajib mencari celah peluang baru yang dipercaya bisa sukses besar. Nah, sebelum memulai usaha baru, ada baiknya mengetahui 7 hal yang perlu Anda persiapkan berikut ini.  

Bisnis di Tahun 2019

1. Mencari partner atau mitra bisnis  

Memiliki usaha perseorangan mungkin tidak membuat Anda bingung memikirkan mitra bisnis yang tepat. Namun, kalau Anda ingin memiliki tim sukses yang membantu kelancaran usaha, tidak ada salahnya mencari orang-orang yang bisa bergabung menjadi co-founder. Siapa tahu usaha yang Anda rintis bisa menjadi pusat grosir online yang semakin berkembang pesat.  

2. Memilih jenis usaha yang tepat 

Pikirkan secara matang jenis usaha yang hendak Anda jalani baik produk atau jasa yang memiliki prospek bagus kedepannya. Mengikuti tren pasar yang berkembang memang sebuah keharusan tetapi Anda harus berpikir rasional saat mengikuti bisnis yang tengah booming. Pastikan Anda memiliki konsep dan inovasi yang unik agar bisnis yang dibentuk tak sekadar ikut-ikutan saja.  

3. Menentukan produk 

Jenis usaha yang Anda pertimbangkan telah terputuskan dengan matang, sudah saatnya menentukan produk yang akan Anda tawarkan. Coba buat analisa usaha yang kuat mulai suplier produk dan cari tahu detail keunggulan produk tersebut. Siapkan pengemasan produk yang mampu bersaing dan menarik minat calon pelanggan.  

4. Menentukan target pasar  

Sebelum memulai sebuah usaha baru, Anda wajib mengenali pasar dan menentukan target. Anda harus melakukan riset untuk mencari tahu mengenai gambaran produk impian konsumen yang dibidik termasuk kompetitor lain di bidang yang sama. Hal ini bisa memberikan inovasi baru mengenai produk yang akan Anda tawarkan pada pasar.  

5. Melakukan branding  

Anda bermimpi menjadi distributor online yang memasok produk kepada agen, reseller, dropship atau pemilik bisnis lain, wajib memiliki branding perusahaan yang kuat. Branding menjadi salah satu tolok ukur bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan bonafit yang profesional. Tidak ada salahnya merencanakan branding dengan baik mulai menentukan image produk, logo dan tagline perusahaan.  

Buat nama usaha yang menarik dan mudah diingat dalam benak konsumen. Brand yang unik dan berbeda bisa menjadi salah satu kelebihan usaha Anda yang lekat di pikiran konsumen. Selain itu, sebaiknya buatlah branding usaha yang mempresentasikan visi misi perusahaan ya! 

6. Persiapan keuangan yang matang  

Dari mana sumber pendanaan perusahaan Anda nantinya? Apakah modal berasal dari dana pribadi, kerja sama dengan mitra atau melakukan pinjaman ke bank? Penting sekali melakukan persiapan keuangan yang matang agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Jika usaha sudah semakin berkembang, Anda bisa menawarkan kerja sama dengan investor untuk kemajuan perusahaan lebih baik lagi.  

7. Rencana bisnis yang baik  

Rencana bisnis yang baik menyangkut segala hal yang Anda butuhkan dalam mengembangkan usaha nantinya. Pikirkan kembali strategi pemasaran yang bisa mendongkrak nama perusahaan termasuk meningkatkan penjualan produk. Bisnis yang punya arah dan tujuan jelas akan semakin meningkatkan kinerja Anda dan tim untuk memajukan usaha.  

Tentu persiapan menciptakan usaha yang akan membuat Anda lebih siap memulai bisnis baru. Langkah selanjutnya seperti menentukan lokasi usaha, merekrut karyawan hingga mengurus ijin usaha bisa Anda lakukan dengan baik asal memiliki persiapan yang matang. Mulai lakukan promosi secara offline atau online dengan memanfaakan media digital. Anda bisa pula bergabung dengan B2B marketplace terpercaya untuk memperluas jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar