Rabu, 03 Oktober 2018

Perbedaan Mesin Jahit Singer dan Butterfly

Info Mustika - Mesin jahit menjadi peralatan rumah tangga yang biasa dimiliki oleh ibu rumah tangga. Manfaat mesin jahit yang utama yaitu menyatukan lembaran kain menjadi gorden, pakaian, sprei, sapu tangan, dan lain sebagainya. Perkembangan mesin jahit pesat dengan adanya mesin jahit singer portable yang lebih canggih. Nah, apa saja perbedaan mesin jahit singer dan manual butterfly?  


Mesin Jahit Manual Butterfly 

Mesin jahit manual ini pasti ada di rumah nenek Anda. Orang dulu sering menggunakan mesin jahit konvensional untuk menjahit baju keluarga. Sehingga banyak yang punya barang ini di rumah. Selain membawa manfaat, benda ini dianggap sebagai benda penting sebagai simbol rumah tangga. 

Mesin jahit manual atau konvensional memiliki kelebihan dan kekurangan jika dilihat dari hasil jahitannya. Kelebihan mesin jahit manual yaitu lebih rapi, lebih rapat, dan lebih kecil sehingga membuat jauh tampak bagus dan memiliki kualitas tinggi.  

Desain mesin jahit ini dari tahun ke tahun sama, yaitu memiliki pedal untuk mengayuh agar kain bisa dijahit. Warna yang digunakan yaitu hitam dengan aksen gold. Desain ini sangat khas dan hampir menjadi ciri khas dari puluhan tahun lalu. Namun, masih banyak yang menyukai desain sederhana ini. 

Selain itu, mesin jahit manual ini masih menggunakan kayuhan pada pedal yang tetap menyala meskipun listrik padam. Mesin jahit konvensional tergolong lebih awet karena semua kerangka terbuat dari besi. Meski sekarang sudah jarang yang produksi mesin jahit ini, masih banyak yang menjual dalam kondisi bekas.  

Jika dilihat dari segi harga, mesin jahit ini berada pada kisaran 300 ribu hingga 700 ribuan. Namun, mesin jahit ini tidak bisa dibawa kemana saja dan tidak efektif jika dipindah-pindah. Sehingga hanya terdapat di satu tempat saja.  

Mesin Jahit Portable atau Singer  

Mesin jahit ini merupakan mesin jahit listrik yang memiliki manfaat sama dengan mesin jahit manual. Namun terdapat berbagai perkembangan sehingga lebih memudahkan Anda. Mesin jahit ini juga terdapat dalam banyak ukuran, mulai yang mini hingga besar. Sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan. 

Mesin jahit singer portable memiliki desain yang lebih menarik dan modern. Sehingga banyak orang yang ingin memilikinya. Mesin jahit ini memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan versi manual. Berbeda dengan mesin jahit manual yang hanya bisa menggarap satu jenis jahitan, mesin portable bisa menjahit banyak fungsi jahitan.  

Sehingga memudahkan Anda menyelesaikan kreasi apa saja. Kelebihan lainnya yaitu bisa menjahit bahan tebal maupun tipis, dari sifon hingga jeans. Dilengkapi dengan 33 fungsi jahitan sehingga memudahkan Anda menyelesaikan jahitan tanpa harus menunggu lama.  

Hal yang paling disukai dari mesin jahit ini yaitu tidak bising saat dioperasikan karena menggunakan auto-needle threaded untuk memudahkan untuk memasukkan benang ke lubang jarum. Harga mesin jahit portable ini dibanderol dari 1,5 juta hingga 3 juta.  

Terdapat pula free-arm yang digunakan untuk menjahit bagian yang sulit seperti bagian yang melingkar atau sempit. Sebuah fungsi untuk pengaturan panjang dan lebar jahitan yang fleksibel. Daya listrik lumayan hemat karena hanya menggunakan 63 watt saja. 

Meskipun terdapat perbedaan mencolok dari kedua mesin jahit ini, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Untuk mesin jahit manual harus membeli kondisi bekas dari orang lain. Namun, untuk mesin jahit singer portable Anda bisa membelinya di blibli.com. Banyak ukuran, warna, dan merek di sana. Anda tinggal melakukan pembelian dan barang akan diantar ke rumah.

0 komentar:

Posting Komentar