Jumat, 29 Juni 2018

Yuk, Cari Tahu Teknik Penyambungan Antar Pipa Besi

Info Mustika - Saat melakukan fitting pada pipa besi biasanya Anda hanya mengenal teknik pengelasan. Padahal sebenarnya teknik penyambungan antar pipa besi tidak hanya dapat dilakukan dengan cara pengelasan saja. Ada beberapa macam jenis teknik sambungan yang dapat Anda gunakan untuk membuat sambungan pada pipa besi. Berikut beberapa jenis fitting pada pipa besi.


1. Sambungan Las (But Weld Joint)

Sesuai dengan namanya, teknik ini merupakan teknik menggabungan dua buah pipa besi dengan menggunakan las. Teknik ini sangat coocok digunakan untuk pipa yang berukuran besar. Keunggulan dari teknik ini adalah memiliki tingkat ketahanan yang cukup sehingga tidak mudah terjadi kebocoran. Tingkat ketahanan kualitasnya dapat dicek menggunakan radiography. 

Selin itu, teknik ini juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya, jenis sambungan ini dapat mempengaruhi aliran fluida karena Anda tidak bisa mengkontrol dan memberrsihkan saluran air. Teknik penyambungan jenis ini biasanya tidak digunakan pada sistem saluran air bersih karena dikhawatirkan air akan tercampur logam dari lasan tersebut yang dapat membahayakan.

2. Socket Weld Pipe Joint (Sambungan Soket)

Tipe sambungan ini menggunakan soket, yang artinya pipa yang satu lebih besar dari pipa yang lainnya dimana ukuran pipa yang kecil dimasukkan ke dalam pipa yang diameternya lebih besar. Teknik ini biasanya digunakan unutk sambungan pipa pada AC.

Keuntungan dari teknik ini adalah lebih mudah dalam proses penyambungannya karena hanya tinggal memasukkan pipa ke dalam pipa yang lainnya. Namun, karena teknik pemasangan dan penyambungan pipa jenis ini hanya dimasukan dari pipa yang satu ke dalam pipa yang lain tentunya akan menimbulkan celah antar pipa yang akan memicu terjadinya korosi.

3. Sambungan Ulir (Screwed Pipe Joint)

Sambungan jenis ini memiliki konsep yang sama persis dengan pipa ledeng yang hanya menggunakan ulir untuk menyambungkan dua pipa menjadi satu. Keuntungan dengan menggunakan sambungan ulir ini, mudah dilakukan dan diaplikasikan di mana saja dan kaoan saja kerika pengelasan tidak diizinkan karena dapat menimbulkan bahaya. 

Kekurangan dari sambungan ini adalah mudah terjadi kebocoran apabila seal perpat yang digunakan tidak baik. Teknik ini juga tidak bisa digunakan untuk service yang korosif karena kekuatan pipa menurun akibat ulir  yang memakan ketebalan pipa. 

Nah, di atas merupakan beberapa jenis teknik sambungan pipa antar pipa besi yang dapat digunakan dan dipraktikan di rumah. Anda dapat memilih dan menyesuikan teknik penyambungan mana yang paling tepat digunakan pada instalasi saluran air Anda. Perbanyaklah informasi seputar proses penyambungan seperti mengetahui Mekanisme dan Cara Penyambungan Pipa HDPE Secara Tepat.

0 komentar:

Posting Komentar