Rabu, 14 Februari 2018

Cara Mudah Mengetahui Makanan Anjing yang Tepat untuk Anda Berikan


Info Mustika - Dikenal sebagai hewan setia, anjing menempati posisi teratas sebagai hewan peliharaan. Selain kucing, anjing adalah satu-satunya hewan peliharaan yang dirasa peka terhadap perasaan pemiliknya. Tak sedikit orang yang memelihara anjing merasa punya ikatan batin kuat diantara dia dan anjingnya. Ikatan batin tersebut pula yang menuntun beberapa orang berhati-hati dalam memilih makanan anjing harga murah yang berkualitas. Pasalnya tak semua jenis anjing cocok mengkonsumsi menu makanan rumahan.

Beberapa ras anjing membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih lengkap. Salah memilih produk makanan akan membuat pertumbuhan anjing terganggu. Dampak paling mudah yang terlihat adalah bulu anjing yang lebih banyak rontok. Anjing pun malas diajak bermain dan terlihat lemah dan lesu. Sama halnya dengan manusia, anjing juga membutuhkan makanan bernutrisi. Untuk memenuhi asupan nutrisi pada anjing, Anda kini dengan mudah bisa membelinya di pet shop.


Produk makanan kemasan sangat mudah kita jumpai di pasaran. Dengan kisaran harga variatif, Anda bisa memilih produk mana yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan anjing. Ada produk yang dibandrol dengan harga murah sampai harga paling mahal. Makanan anjing kemasan sendiri memiliki kelebihan jauh lebih praktis dan kaya nutrisi. Setiap produk sudah memperhitungkan takaran sajian yang pas untuk diberikan pada anjing, baik anjing dewasa dan anak anjing.

Dari sisi nutrisi, produk kemasan jauh lebih lengkap mengandung vitamin, mineral dan protein. Anda tak harus membeli vitamin tambahan khusus anjing selama tak dianjurkan oleh dokter. Produk kemasan pastinya lebih mudah disimpan, sebab cukup ditaruh di tempat yang aman dan bebas lembab. Sayangnya harga produk kemasan memang lebih mahal bila dibandingkan dengan makanan olahan lainnya. Produk kemasan inipun terbagi lagi atas 2 macam, yakni:

Dry food


Begitu banyak brand yang mengeluarkan produk dry food untuk anjing. Kadar air yang sangat rendah menjadi nilai plus untuk makanan hewan peliharaan. Produknya sendiri tak jauh berbeda dengan biskuit yang kerap kita konsumsi. Hanya saja bahan olahan utamanya terdiri atas daging yang bisa dicampur dengan menu makanan biasa anjing Anda. Mencampur dry food dengan makanan biasa akan menambah nilai gizi yang diperoleh hewan peliharaan. Meskipun ringan, Anda tak perlu khawatir dengan komposisi nutrisi pada dry food. Produsen makanan telah memikirkan hal tersebut matang-matang, karena dapat terlihat pada komposisi yang tertera di bagian belakang.


Wet food


Berbanding terbalik dengan dry food, wet food memiliki kandungan air yang lebih tinggi. Kebanyakan wet food dikemas dalam bentuk kalengan atau kemasan plastik yang di segel. Kandungan gizinya pun cukup tinggi dengan campuran beberapa bahan yang sangat disukai anjing. Berbagai bahan dimasak dengan suhu cukup tinggi guna memastikan makanan tetap awet dan terjamin kebersihannya. Cara ini lebih efektif membunuh bakteri yang masih hidup serta mensterilkan makanan tanpa merusak kandungan di dalamnya.


Tak hanya makanan kucing saja yang marak di pasaran, banyaknya produk makanan anjing olahan di pasaran menuntut Anda untuk berhati-hati memilih. Beberapa brand sengaja menuliskan kualitas premium hanya untuk mengecoh para pelanggan. Padahal brand ternama sekalipun tidak melabeli produk mereka dengan tulisan demikian. Komposisi di bagian belakang kemasan dapat membantu Anda menemukan produk yang dirasa cocok dengan hewan peliharaan. Kualitas makanan tetap menjadi perhatian paling utama sebelum Anda benar-benar memutuskan membeli. Anda tentu tidak mau hewan peliharaan mengalami gangguan kesehatan hanya karena salah memilih produk yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar