Selasa, 16 Januari 2018

Selain Jaket Gunung, Ini 5 Barang yang Perlu Anda Bawa saat Hiking

Info Mustika - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan hiking, sebuah kegiatan outdoor yang dilakukan untuk menikmati keindahan alam.  Saat melakukan hiking jaket gunung pasti standby Anda bawa atau langsung memakainya dan biasanya itu sepaket juga dengan sepatu gunung. Agar hiking Anda berjalan dengan aman berikut beberapa barang yang juga perlu Anda bawa. 


1.    Obat-obatan

Hiking bisa saja berlangsung berhari-hari apalagi jika Anda memutuskan untuk melakukan hiking di gunung. Disarankan sebelum berangkat Anda harus memastikan kondisi tubuh Anda terbilang baik. Hindari untuk tetap melakukan hiking jika kondisi tubuh Anda tidak fit. Namun sakit merupakan hal yang tidak bisa Anda duga.

Maka dari itu obat-obatan menjadi barang yang penting utuk Anda bawa saat melakukan hiking. Apalagi bagi Anda yang memilki penyakit tersendiri jangan sampai terjadi apa-apa dengan Anda hanya karena kelalaian. Bawa juga obat-oabatan standar seperti obat demam, tolak angin, obat merah, perban atau hansaplas.

2.    Logistik

Anda tentu tidak akan lupa untuk membawa logistik yang menjadi sumber energi dan ketahanan selama melakukan hiking. Logistik pertama yang perlu Anda sediakan ialah satu botol air minum untuk konsumsi pribadi. Usahakan untuk membawa botol minum yang nantinya jika habis Anda bisa mengisinya lagi dengan sumber mata air yang ada di lokasi hiking. 

Logistik kedua yang perlu Anda bawa ialah sembako. Makanan-makanan yang akan Anda konsumsi selama hiking. Carilah makanan yang ringan namun memberikan banyak energi seperti cokelat, roti, susu, mis instan dan tentu kopi yang menjadi favorit Anda para pecinta hiking.

3.    Senter



Saat melakukan hiking di malam hari, senter merupakan alat penerang yang Anda butuhkan untuk menerangi perjalanan Anda atau menerangi tenda yang telah Anda dirikan. Anda tidak cukup mengandalkan cahaya bulan yang belum tentu ada. Jika pun ada pasti di beberapa lokasi cahaya bulannya tidak kelihatan karena tertutup oleh pohon. 

Jenis senter yang sebaiknya Anda bawa ialah yang sumber energinya dari baterai karena jika habis maka bisa mengganti baterainya untuk itu perlu menyediakan stok baterai beserta cadangannya. Jika bisa bawalah dua buah senter untuk menghindari beberapa kondisi tidak terduga saat senter Anda mengalami kerusakan.

4.    Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Udara saat hiking tentulah terasa sejuk karena berada di dalam hutan atau ketinggian. Maka Anda perlu menyiapkan beberapa barang yang bisa memberikan kehangatan bagi tubuh Anda agar tidak terjadi hipotermi yang akan berakibat fatal bagi Anda. Selain jaket gunung, Anda juga perlu memakai sarung tangan serta kaus kaki. 


Jangan lupa untuk membawa kaus kaki cadangan agar jika kaus kaki yang dipakai basah maka Anda masih memilki cadangan. Selama perjalanan hiking, Anda juga sebaiknya memakai kaus kaki untuk melindungi kelecetan yang akan terjadi pada kaki Anda. 

5.    Pakaian Ganti

Berhubung hiking yang dilakukan lebih dari satu hari maka Anda perlu membawa baju ganti. Setidaknya bawalah satu atau dua baju ganti. Usahakan untuk membawa baju ganti dengan bahannya yang menyerap keringat dan ringan. Jangan membawa baju yang terlalu besar sehingga membuat muatan tas Anda menjadi berat. 

Pastikan Anda tidak meninggalkan barang-barang penting di atas kemudian lakukanlah packing dengan benar. Pastikan juga tas yang Anda pakai mampu menampung beban barang bawaan Anda. Barangkali Anda bisa melihat model tas Eiger untuk menjadi referensi Anda. Selain itu gunakanlah sepatu gunung yang tepat untuk hiking agar perjalanan Anda aman.

0 komentar:

Posting Komentar