Jumat, 12 Januari 2018

Kiat Jitu Menghindari Perilaku Boros Saat Menghadapi Diskon Besar

Info Mustika - Rencana keuangan yang sudah Anda susun secara rapi sering kali berubah karena hal-hal sepele. Salah satu yang paling mempengaruhi keputusan finansial adalah momen diskon besar. Anda pasti mudah tergoda dengan diskon dan akhirnya memanjakan diri sendiri untuk berbelanja secara berlebihan.


Sebenarnya Anda bisa menahan diri sendiri untuk tidak boros saat ada diskon besar. Jika selama ini Anda selalu menghabiskan uang untuk berburu diskon, beberapa kiat jitu ini bisa Anda praktikkan mulai sekarang:

Membandingkan Harga Sebelum dan Sesudah Diskon

Tak sedikit orang yang terkecoh dengan label diskon pada suatu produk. Padahal belum tentu harga diskon tersebut benar-benar murah. Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk membandingkan harga produk tersebut sebelum dan sesudah diskon. Jika barang-barang tersebut memang jauh lebih murah dan sesuai kebutuhan Anda, barulah Anda bisa menyisihkan uang untuk membelinya.

Membuat Rekening Khusus untuk Belanja

Menyatukan rekening tabungan dengan rekening belanja hanya akan membuat Anda mudah tergiur untuk menggunakannya. Alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan tabungan khusus untuk belanja. Sisihkan pendapatan Anda pada rekening belanja tersebut. Jangan menambah isi rekening belanja jika sudah telanjur habis sebelum akhir bulan. Cara yang satu ini mungkin rasanya terlalu ketat tetapi sangat efektif untuk mendukung upaya penghematan Anda.


Jangan Terlalu Lama di Pusat Perbelanjaan

Semakin lama Anda berada di pusat perbelanjaan yang mengadakan acara diskon, maka semakin besar pula keinginan Anda untuk berbelanja. Inilah tujuan yang ingin dicapai pusat perbelanjaan sehingga tidak ada jam yang ditempatkan di sudut-sudut manapun. Lebih baik Anda segera membeli barang-barang yang Anda butuhkan lalu bergegas pulang. Sehingga Anda tidak tergiur membeli barang yang dibanderol dengan harga diskon.

Perhatikan Dulu Kualitas Produknya

Tak sedikit produk yang dijual dengan diskon besar karena kualitasnya tidak terlalu baik. Produk yang disimpan terlalu lama memang mudah rusak dan mengalami penurunan kualitas. Jadi, periksa dulu kualitas produk yang Anda inginkan sebelum membelinya. Jika kualitas produk tersebut sebanding dengan diskonnya, barulah Anda bisa menyisihkan uang untuk membeli produk tersebut.
Kalau bukan untuk berbelanja, lantas untuk apa kelebihan uang yang Anda miliki?


Tentu saja Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai berinvestasi. Kini ada Mekar.id dengan prinsip investasi yang tak kalah dengan prinsip syariah. Melalui Mekar.id, dana Anda akan digunakan sebagai pinjaman tambahan modal untuk pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan. Investasi di Mekar.id tak hanya memberikan keuntungan bagi Anda, tetapi juga memberikan manfaat bagi perkembangan sektor UMKM di tanah air. 

Upaya penghematan yang Anda lakukan akan membuat kondisi finansial Anda jadi stabil setiap saat.

0 komentar:

Posting Komentar