Rabu, 10 Januari 2018

Jenis Mainan untuk Stimulasi Otak Bayi Seseuai dengan Umur

Info Mustika - Benarkah puzzle bayi Mothercare bisa merangsang kecerdasan otak bayi? Jangan pernah menganggap remeh aktivitas bermain. Kenapa? Ternyata bermain ini merupakan bagian penting guna menstimulus kecerdasan serta tumbuh kembang bayi. 


Pertanyaannya sekarang adalah mainan bayi seperti apa yang bisa memberikan stimulus kecerdasan dan juga tumbuh kembang pada bayi? Sebab tentunya banyak sekali jenis mainan untuk bayi yang ada saat ini. 

Dan ternyata dengan bermain anak akan memperlajari berbagai hal baru sehingga akan mendukung otak anak untuk bekerja aktif. Namun tentunya bukan sembarang mainan. Dan ternyata keberhasilan menstimulus otak bayi dengan mainan tergantung pada pemilihan mainan serta kegiatan yang sesuai tahapan biologis anak dan juga usianya. 

Meskipun banyak hasil penelitian yang menyebutkan jika setiap mainan bisa merangsang rasa ingin tahu si kecil, tetapi tetap saja tergantung dari bentuk interaksi si kecil dengan objek mainannya. 

Misalnya saja ketika Anda ingin mengenalkan warna dan bentuk, maka kegiatan yang paling efektif adalah dengan menyuruh si kecil memegang dan mengamati objek warna yang ada pada maianannya tersebut. 

Lalu bagaimana dengan jenis permainan yang bisa merangsang kecerdasan otak si kecil? Tentunya Anda harus memilih mainan yang bisa menstimulus otaknya, misalnya saja seperti puzzle bayi Mothercare. 

Jenis Mainan  yang Cocok untuk Bayi Usia 0-5 Bulan

Saat si kecil baru lahir sampai dengan usia 5 bulan, bayi mulai belajar untuk mengenali wajah orang tuanya, mendengar, melihat senyuman dan juga sentuhan serta mulai belajar untuk menggenggam benda yang ada di sekitarnya. 


Untuk itulah Anda bisa memilih mainan yang dapat melatih panca inderanya. Pada usia ini, puzzle bayi Mothercare belum cocok untuk diberikan, namun mainan bayi yang cocok adalah boneka dengan tekstur yang lembut. 

Selain boneka, jenis mainan yang cocok untuk bayi usia ini adalah jenis mainan yang bisa mengeluarkan bunyi saat disentuh. Dan jenis mainan untuk bayi yang mudah degenggam juga sangat pas untuk bayi usia ini. 

Jenis Mainan  yang Cocok untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Pada usia 6-8 bulan, umumnya si kecil sudah belajar duduk dan bahkan sudah ada yang mulai merangkak. Oleh sebab itu, mainan  untuk bayi yang direkomendasikan di usia ini adalah jenis mainan yang dapat mengasah kreativitas serta melatih panca inderanya. 


Misalnya saja mainan bergerak seperti mobil-mobilan atau bisa juga balok susun yang bisa melatih memori dan gerakan jemarinya. Selain itu puzzle bayi Mothercare juga cocok lantaran bisa melatih gerakan jemari si kecil. 

Jenis Mainan  yang Cocok untuk Bayi Usia 9-11Bulan

Usia 9 bulan, si kecil umumnya sudah bisa melakukan kegiatan yang lebih kompleks. Maka dari itu, jenis maianan yang bisa merangsang stimulus otak  sudah bisa Bunda berikan. 


Apalagi bayi usia 9-11 bulan ini perkembangan otak sudah semakin pesat. Maka dari itu, supaya perkembangan otaknya bisa semakin optimal, pilihlah permainan yang bisa menstimulus koordinasi panca inderanya. 

Mengajak anak bermain bola atau bermaian ciluk ba sangat pas untuk usia ini. Selain itu permaian puzzle juga sangat cocok untuk merangsang  tumbuh kembang otak si kecil. 

Jenis Mainan  yang Cocok untuk Bayi Usia 12-17 Bulan

Dikarenakan usia ini anak sudah memiliki rasa ingin tahu yang besar serta timbul keinginan meniru apa saja yang dilihatnya, maka daya ingat dan konsentrasi anak akan sangat baik jika dilatih melalui permainan. 

Jenis mainan bayi yang sangat cocok diusia ini misalnya seperti peralatan makanan yang bisa di susun, bermaian kartu dengan gambar dan kata, dan puzzle bayi Mothercare. 

Salah satu hal penting yang harus Bunda cermati saat membeli mainan bayi adalah pilihlah yang bahannya aman, tidak menimbulkan suara yang nyaring, tidak mengandung racun serta mainan itu mudah dibersihkan. Misalnya saja seperti puzzle bayi Mothercare.

0 komentar:

Posting Komentar