Minggu, 19 November 2017

Cara Meminjam Uang Secara Online dengan Cepat

Info Mustika - Hal yang pertama terlintas di pikiran saat tengah membutuhkan dana untuk modal, pelunasan biaya pendidikan atau rumah sakit, atau urgensi lainnya ialah mencari dana dengan cepat. Salah satu metode tercepat ialah dengan meminjam. Sayangnya, pada masa lampau meminjam uang cukup sulit terutama jika tidak ada yang bisa dipinjami secara pribadi. Solusi yang ada hanyalah meminjam di bank dengan persyaratan rumit dan jangka cair yang lama. Akan tetapi kini ada metode yang lebih sederhana yaitu dengan meminjam uang secara online.


Kini ada banyak situs di internet yang menawarkan jasa peminjaman uang, akan tetapi banyak orang yang kurang memahami mekanisme peminjaman online karena merupakan metode yang belum lama tercipta. Padahal dengan meminjam di situs online, proses lebih cepat dan sederhana. Berikut cara meminjam uang secara online.

1. Masuk Ke Situs Pinjam Dana Online

Hal yang perrama perlu dilakukan ialah dengan masuk ke situs penyedia jasa peminjaman uang. Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis situs yang berkaitan dengan peminjaman dana atau uang online. Jenis situs pertama ialah penyedia jasa pinjaman langsung. Di situs ini Anda dapat langsung meminjam uang. Jenis situs kedua adalah situs penyedia jasa pencari peminjaman uang online. Di situs jenis kedua ini Anda tidak bisa meminjam secara langsung namun akan dicarikan situs peminjaman uang yang sesuai dengan kriteria Anda. Situs ini sangat cocok bagi yang baru pertama kali mencoba meminjam dana secara online.

2. Tentukan Jenis Dana yang Akan Dipinjam

Jenis dana layaknya meminjam di bank juga sangat penting dalam menentukan bunga yang dibebankan. Ada dua jenis utama dana yaitu dana pribadi dan dana untuk usaha. Pada situs pinjaman pribadi, nominal minimal yang ditawarkan lebih rendah dengan bunga 1 hingga 2 persen untuk jangka waktu pembayaran 30 hari. Jika pada penyedia dana untuk modal usaha, nominal yang ditawarkan lebih besar dengan dana minimal 1-2 juta namun dengan bunga yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang meminjam jenis uang pribadi. Untuk mencari tipe pertama, bisa mencoba situs pencari pinjaman pribadi. Isi nominal dana yang dibutuhkan dan jangka wakru pembayaran yang disanggupi. Monily kemudian akan mencarikan situs pinjam uang dengan plan terbaik untuk Anda.

3. Siapkan Nomor KTP

Syarat di situs pinjam dana online ialah dengan meng-upload nomor induk penduduk yang terdapat pada KTP. Pencantuman nomor induk penduduk bertujuan untuk memvalidasi identitas si peminjam dana. Pastikan untuk memasukkan data dengan tepat dan benar dan menjadi peminjam yang bertanggung jawab dengan tetap melampirkan identitas asli. Jika dibandingkan dengan meminjam uang di bank, syarat seperti ini tentunya sangat mudah.

4. Tentukan Tenggat Waktu Untuk Melunasi

Tenggat waktu untuk melunasi sangatlah pentinh saat meminjam uang secara online. Hal ini karena bunga diterapkan per hari. Jadi, semakin lama hutang di lunasi, maka ssmakin tinggi bunga yang harus ikut dibayarkan dengan pinjaman asli. Sebagai contoh jika uang yang dipinjam sebesar Rp. 500.000 dengan batas waktu 30 hari, uang yang nantinya perlu dibayarkan dapat bertambah seratus ribu rupiah sendiri yang mana dapat dibilang bunga hang cukup besar layaknya tempat jasa kredit di dunia nyata. Oleh karena itu, tentukan tanggal di mana hari itu Anda sudah pasti dapat melunasinya.

5. Siapkan Nomor Telepon Anda & Kerabat/Teman

Beberapa situs mewajibkan calon peminjam untuk mencantumkan tidak hanya nomor telepon sendiri namun juga nomor telepon kerabat atau nomor telepon teman. Syarat ini adalah salah satu syarat keamanan yang diperlukan. Calon peminjam harus mengisi data dengan benar dan nomor yang dicantumkan adalah nomor yang aktif. Hal ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu Anda tidak membayar hutang dengan tepat waktu, maka kerabat atau teman Anda akan dihubungi. Meminjam uang tentunya bukan perkara ringan maka sangat dianjurkan agar peminjam dapat bersikap kooperatif dengan jasa penyedia peminjaman uang online danjuga syarat-syaratnya.

6. Siapkan Nomor Rekening atau Kartu Kredit

 


Ada situs peminjaman uang secara online yang tidak memerlukan rekening namun ssbagian besar mengharuskan peminjam mencantumkan nomor rekening atau kartu kredit yang nantinya akan digunakan untuk melunasi hutang. Pihak peminjam dalam Peraturan Privasi tidak akan menggunakan nomor rekening selain untuk yang diperlukan dalam proses pinjam meminjam. Beberapa juga memakai sistem rekening bersama dimana nantinya mereka cukup menarik dana di rekening tersebut saat tenggat waktu pembayaran terakhir. Jika tidak memiliki nomor rekening, ada beberapa situs yang tidak menyertakan namun sebagai gantinya Anda harus mengunggah dokumen pendukung lainnya serta tentunya penarikan uang yang lebih susah.

7. Jika Diperlukan Jaminan, Anda Harus Memasukkan Alamat Lengkap

Meskipun beberapa situs tidak menggunakan jaminan yang tentunya lebih mudah dibandingkan meminjam uang secara konvensional, beberapa masih mensyaratkan jaminan seperti BPKB sebagai jaminan. Berbeda saat dengan meminjam secara konvensional, BPKB tidak akan langsung ditahan namun Anda diharuskan mengisi alamat dengan tepat dan benar. Alamat ini nanti akan di datangi oleh pihak penyedia pinjamana untuk menarik BPKB Anda jika Anda tidak dapat membayar tepat waktu. Jika ingin meminjam dalam nominal kecil sebaiknya gunakan situs penyedia jasa peminjaman dana tanpa jaminan. Situs yang yang mengharuskan jaminan biasanya untuk peminjaman jumlah besar dengan tujuan untuk modal usaha.

8. Tunggu Usulan Permohonan Anda Disetujui

Sistem akan memverifikasi data-data yang telah dimasukkan oleh calon peminjam dan memastikan data yang dimasukkan valid. Setelah itu baru nantinya sistem akan mencairkan dana pinjaman ke rekening Anda. Proses verifikasi biasanya tidaklah lama dengan waktu paling cepat beberapa menit dan paling lambat 1-2 hari kerja. Tidak perlu cemas apakah nanti permohonan peminjaman Anda disetujui atau tidak. Jika Anda memasukkan data dengan benar dan valid maka permohonan akan disetujui. Jika peminjaman di konfirmasi maka Anda akan mendaps email konfirmasi dari situs penyedia pinjaman secara online.

9. Pastikan Gaji Perbulan Anda Memenuhi Syarat

Sebenarnya hampir semua situs peminjaman tidak memerlukan minimal gaji per bulan. Namun dalam beberapa kasus jika uang yang dipinjam dalam jumlah yang sangat besar maka penyedia jasa memerlukan data tambahan untuk memastikan peminjam mampu untuk membayar hutang dengan lunas sebelum atau tepat tenggat waktu. Jumlah gaji juga diperlukan apabila Anda ingin meminjam dengan bunga yang disesuaikan dengan penghasilan. Pada opsi terakhir biasanya ditemukan pada situs pencari dana online seperti pinjaman uang online yang akan mencarikan Anda situs peminjaman dana online sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Meminjam online memang memerlukan syarat namun jika dibandingkan dengan meminjam secara konvensional, syarat meminjam secara online lebih mudah dan praktis. Akan tetapi tetap perhatikan bunga yang diberikan dan hanya gunakan situs online jika Anda tidak memiliki jaminan. Itulah artikel cara meminjam uang secara online. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar