Senin, 16 Oktober 2017

Pikirkan 9 Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah


Sudah menjadi kewajiban pemilik rumah untuk merawat rumahnya. Apalagi, seperti barang lainnya, rumah juga dapat mengalami kerusakan. Bila kerusakannya cukup parah, tentu rumah harus direnovasi. Namun, merenovasi rumah juga tidak jauh berbeda dengan membangun rumah. Dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum melakukannya. Apa saja yang perlu kita pikirkan sebelum renovasi rumah dilakukan? 

          1.    Budget
Budget berperan sangat penting dalam proses renovasi. Tanpa budget, renovasi tidak akan bisa dilaksanakan. Oleh karena itu, kita karus mempersiapkan budget yang kita punya sebelum melakukan renovasi. Bertanyalah pada teman atau kerabat yang pernah melakukan renovasi. Selain itu, kita juga harus membandingkan harga bahan-bahan bangunan di toko-toko yang berbeda. Bila sudah mengetahui perkiraan harga, kita tetap harus menyiapkan budget ekstra. Budget ini digunakan bila sewaktu-waktu ada masalah. Untuk mengurangi resiko, siapkan budget ekstra minimal 20% dari total biaya renovasi. Selain itu, sesuaikan juga budget yang kita punya dengan biaya jasa kontraktor. Usahakan untuk tidak melakukan pinjaman untuk renovasi. Sebagai pemilik rumah, menjadi kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menabung untuk renovasi.

          2.    Mencari Kontraktor yang Profesional
Memilih kontraktor juga tidak kalah pentingnya dengan mempersiapkan budget. Kita tentu pernah mendengar cerita tentang pengalaman buruk ketika menyewa jasa kontraktor. Agar tidak terjadi pada kita, mintalah rekomendasi kontraktor dari kenalan. Biasanya kontraktor yang berkualitas akan terkenal dari mulut ke mulut. Selain itu, kita juga dapat mencari kontraktor lewat internet. Terdapat banyak kontraktor yang menawarkan jasanya di sana. Pastikan untuk melihat porfofolionya dulu sebelum memutuskan untuk menyewa jasanya.

          3.    Realistis
Setiap renovasi berawal dari imajinasi kita untuk memiliki hunian yang lebih baik. Namun, ketika melaksanakannya, kita harus realistis dengan budget dan keadaan rumah yang sekarang. Misalnya kita ingin mengubah kamar tidur menjadi seperti di hotel bintang lima. Padahal, kamar kita yang sekarang ukurannya tidak terlalu luas. Bagian lain di rumah kita juga membutuhkan banyak perbaikan. Tentu kita harus mengutamakan perbaikan tersebut dibandingkan membeli furniture yang mahal.

          4.    Melakukan Survei
Selain budget, kita harus mencari tahu segala hal tentang renovasi. Misalnya waktu pengerjaan, masalah yang mungkin muncul, serta proses pengurusan IMB. Kita dapat bertanya pada teman maupun ahli properti. Dengan begitu, kita akan lebih siap melakukan renovasi. Bila melakukan perubahan desain rumah, carilah inspirasi desain yang kita suka. Misalnya melalui blog, majalah, serta acara televisi.

          5.    Perhatikan Detail
Kontraktor bukanlah orang yang bisa membaca pikiran kita. Sebelum proyek dimulai, pastikan kita sudah mendiskusikan hasil renovasi yang kita inginkan. Misalnya seperti pemasangan warna lantai yang berbeda pada kamar mandi. Akan lebih baik bila kita memiliki daftar pekerjaan kontraktor di setiap ruangan. Dengan begitu, kita dapat memastikan hasil renovasi akan sesuai keinginan kita.

          6.    Meminta Saran Orang Lain
Agar renovasi rumah berjalan lancar, jangan hanya bertanya ke teman dan keluarga. Kita juga harus berkonsultasi dengan orang-orang yang ahli. Diskusikan bagaimana keadaan rumah kita dan bagaimana hasil renovasi yang kita inginkan. Mereka dapat menyesuaikan keinginan kita dengan keadaan rumah.

          7.    Konsisten dengan Keputusan
Bila melakukan tahap 1-6, kita tidak akan menyesali keputusan merenovasi rumah. Kita juga harus ingat bahwa bila renovasi sudah dimulai, janganlah berubah pikiran. Anggap saja proses renovasi seperti suatu hal yang harus dilewati.

          8.    Rutin Melihat Pekerjaan Kontraktor
Kontraktor mungkin meminta kita untuk melihat pekerjaan renovasi seminggu sekali. Namun, kita berhak untuk datang setiap hari. Semakin sering kita melihat pekerjaan mereka, semakin minim juga kemungkinan mereka melakukan kesalahan.

          9.    Menikmati Proses Renovasi
Proses renovasi memang membutuhkan waktu, tenaga, dan uang. Namun pada akhirnya, kita juga yang akan menikmati hasil renovasi. Lihatlah rumah yang tadinya tidak menarik berubah menjadi menarik dan nyaman dihuni.

0 komentar:

Posting Komentar