Senin, 09 Oktober 2017

Mau Hidup Sejahtera 10 Tahun Mendatang? Atur Keuangan Jangan Sampai Ngutang!

Source : istockphoto.com 

Atur keuangan jangan sampai ngutang! Setujukah Anda dengan prinsip tersebut? Ya, utang, terkadang bisa menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, namun bisa juga menjadi solusi dari berbagai masalah, seperti dengan meminjam uang orang tua, di bank, hingga pinjam uang online. Banyak cara. Namun, utang tetaplah utang, kewajiban yang harus Anda tunaikan.

Atur keuangan jangan sampai ngutang! Begitu juga yang disampai oleh Warren Buffet, seorang investor sukses yang juga banyak mendedikasikan waktunya untuk mengelola keuangan dengan investasi. Dia pun pernah berkata, “jangan sekali-kali berutang jika bukan untuk investasi atau bukan untuk keadaan mendesak”. 

“Bagaimana bisa hidup tanpa utang sementara pengeluaran tidak sebanding dengan gaji?” Mungkin itu lah pertanyaan sebagian besar orang, termasuk Anda. Salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan menanamkan prinsip "atur keuangan anda jangan sampai ngutang". Jika Anda menanamkan prinsip tersebut, maka Anda akan terus berusaha untuk menghindari utang.

Lalu, apakah ada cara lain? Ada! Cara lain agar tidak terjerat utang dan bisa memiliki kehidupan yang lebih baik (sejahtera) di masa depan adalah dengan menggunakan prinsip 50-20-30. Apa itu? Itu adalah prinsip mengelola keuangan. Berapapun gaji yang Anda miliki, usahakan untuk menggunakan prinsip tersebut.

50% adalah pengeluaran yang Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok (primer), seperti makan, pakaian, bensin, atau yang bersifat kebutuhan sehari-hari. Artinya, 50% dari penghasilan Anda, semuanya didedikasikan untuk kebutuhan pokok. Anggaplah gaji Anda tiga juta dalam sebulan, maka satu juta lima ratus adalah untuk kebutuhan primer.

20 % adalah pengeluaran yang Anda gunakan untuk menambung, termasuk investasi. Anda patut mencontoh prinsip orang-orang Tionghoa, rajin menabung meskipun sedikit. Bertahun-tahun Anda melakukan hal itu, yang sedikit bisa menjadi bukit. 20% dari 3 juta, maka 600 ribu adalah untuk menabung dan investasi. Bayangkan saja jika Anda melakukannya dalam 10 tahun. Luar biasa, bukan?

Kemudian, 30 % dari 3 juta adalah pengeluaran yang Anda gunakan untuk refreshing. Meskipun begaji pas-pasan, bukan berarti Anda tidak bisa jalan-jalan, liburan, atau bersenang-senang. Bisa! Asalkan Anda terus menanamkan prinsip atur keuangan jangan sampai ngutang dan 50-20-30.

Jika Anda memiliki keinginan untuk mengkredit rumah, maka seharusnya Anda menggunakan yang 20% untuk memenuhi itu. Bagaimana jika tidak cukup? Apakah harus meminjam dan berutang? Ingat seperti yang pernah dikatakan oleh Warren Buffet. Jika itu adalah kebutuhan mendesak, maka silahkan.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda meminjam uang terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga. Dengan kata lain, meminjam uang kepada keluarga adalah keputusan mutlak, jangan pernah meminjam selain daripada itu. Karena biasanya, meminjam kepada keluarga bisa lebih ringan dalam mencicil, dan tidak butuh DP. Meskipun begitu, Anda juga harus tetap menampilkan etika pinjam uang yang baik kepada mereka.

Satu hal yang harus Anda ingat, kesejahteraan di masa depan adalah harapan yang tidak mudah untuk digapai. Butuh kemauan dan kerja keras untuk menggapai itu semua. Cara 50-20-30 dan cara menanamkan prinsip atur keuangan jangan sampai ngutang adalah cara terbaik untuk merealisasikan kehidupan yang sejahtera di masa depan.


0 komentar:

Posting Komentar