Minggu, 01 Oktober 2017

Makanan Seimbang Dan Bergizi Sehat Untuk Menutrisi Otak Anak

Masa perkembangan dan pertumbuhan yang paling jaya prosesnya adalah saat masih anak-anak. Usia balita umumnya adalah proses perkembangan dan pertumbuhan emas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Nutrisi Otak Anak harus dijaga dan diperhatikan dengan benar agar anak bisa tumbuh sehat.

Otak anak memang sedang dalam masa-masa perkembangan yang sangat pesat. Banyak hal yang ingin diketahui anak dengan tindakan kritisnya, mulai bertanya, memegang sesuatu yang baru, melihat hal baru, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anak tidak akan bisa diam, karena banyak hal baru yang akan mereka temui. Jadi, Anda sebagai orangtua juga harus turut aktif dalam mengawasi setiap perkembangan anak.

Untuk itulah orangtua harus benar-benar menunjukkan kepeduliannya dan kasih sayangnya terhadap anak dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhan anaknya, terutama untuk nutrisi otak, sebagai pengendali utama syaraf tubuh.

Berikut adalah deretan makanan bergizi seimbang yang bisa dipenuhi sebagai nutrisi otak anak:

1.    Ikan salmon
Para ibu sudah paham dengan makanan yang satu ini. Bahan makanan ini adalah bahan makanan berprotein tinggi dengan kandungan omega 3 yang sangat bagus untuk kecerdasan otak. Salmon adalah bangsa pisces yang sudah lama dipercaya dapat meningkatkan perkembangan otak anak. Ada kandungan DHA dan EPA di dalam omega 3 nya yang sangat bagus untuk memberikan asupan nutrisi pada otak anak.

2.    Kuning telur
Jika anak suka telur, maka ibu harus bangga dan beruntung, karena di dalam telur terdapat kandungan gizi yang tinggi demi mendukung perkembangan otak anak. Apalagi pada bagian kuning telurnya, ada kandungan kolin yang akan membantu anak bisa mengingat lebih maksimal.

3.    Gandum murni
Di dalam gandum murni ternyata juga mengandung nutrisi otak anak yang cukup. Ada glukosa dan vitamin B yang akan membantu otak dalam memelihara syarat-syarat pendukungnya.

4.    Kacang-kacangan 
Ada banyak jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi anak sebagai nutrisi otak, yakni kacang panjang, kacang tanah, kacang almond, kacang kapri, dan masih banyak lagi lainnya. Semua jenis kacang ini mengandung vitamin yang cukup, mineral, serta serat yang akan memberikan energi yang cukup bagi anak untuk berpikir lebih kritis.

Masih banyak jenis makanan nutrisi otak anak yang bisa diberikan ibu untuk anaknya. Ada sayuran berwarna, oat, buah berry, selai kacang, susu, dan lain-lain. Yang terpenting adalah membiasakan lidah anak dengan menyantap makanan yang sehat dan bergizi tinggi dahulu, baru ibu bisa menambah porsi makanan khusus pendukung perkembangan otak anak sesuai dengan kebutuhan nutrisi atau kadar yang ditentukan. Dengan begitu nutrisi tubuh anak dapat terpenuhi dengan baik. Daya tumbuh kembang anak pun bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.



0 komentar:

Posting Komentar