Sabtu, 30 September 2017

Ini Dia Olahraga yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Masa kehamilan adalah masa dimana seorang ibu hamil wajib untuk menjaga kesehatannya. Karena jika ibu hamil dalam keadaan sehat, maka janin yang dikandungnya juga akan sama sehatnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kandungan ibu hamil. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga ini juga bisa bermanfaat untuk mempunyai berat badan ideal ibu hamil. Lalu apa saja olahraga yang sesuai untuk ibu hamil? Ini dia informasinya : 

  • Senam Kegel

Olahraga pertama yang bisa dilakukan ibu hamil adalah senam kegel. Senam ini memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk mempertahankan berat badan ideal ibu hamil. Senam ini juga bisa mengurangi rasa nyeri karena perubahan tubuh dan juga bisa melancarkan proses kelahiran bayi. Anda bisa membiasakan senam kegel di usia awal kehamilan, karena ini bisa memberikan hasil yang optimal di akhir masa kehamilan.

  • Senam Pilates

Manfaat dari senam pilates sama dengan manfaat senam kegel, yaitu untuk menguatkan otot pada tubuh dan mencegah rasa sakit. Lebih baik Anda meminta pelatih untuk membantu Anda berlatih senam, karena senam ini memerlukan pelatihan dasar terlebih dahulu.

  • Stretching

Olahraga yang ketiga yaitu stretching. Manfaatnya adalah dapat menurunkan resiko komplikasi kehamilan dan bisa menurunkan resiko iritasi pada kehamilan. Anda bisa mengombinasikannya dengan olahraga lain (untuk pemanasan) sebelum memulai olahraga. Stretching sangat pas dilakukan ketika usia kehamilan pada waktu trimester pertama.

  • Aerobik Ringan

Olahraga aerobik juga memiliki manfaat bagi ibu hamil. Olahraga ini bisa membantu menyehatkan jantung, meningkatkan kadar oksigen, dan mencegah ambeien. Tetapi, lebih baik Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memulai olahraga, apakah kandungan cukup aman untuk melakukan aerobik ringan. Sebab pada kondisi-kondisi tertentu ada ibu hamil yang dilarang banyak bergerak.

  • Yoga

Sejak hamil muda, Anda bisa mencoba jenis olahraga yoga. Teknik relaksasi pada senam ini mempunyai manfaat yang baik untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan normal. Tidak hanya menyehatkan, tetapi senam yoga juga dapat memberikan efek ketenangan pada ibu yang tengah hamil. Kehamilan pertama yang sering diwarnai kecemasan karena belum berpengalaman bisa diminimalisir dengan melakuakan yoga tersebut.

  • Berenang

Olahraga terbaik yang bisa dicoba oleh ibu hamil adalah berenang. Olahraga ini bisa mengurangi tekanan pada kaki dan punggung ibu hamil yang gampang lelah. Berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki manfaat untuk seluruh tubuh tanpa membuat ibu hamil merasa capek. Jika saat berenang sudah mulai merasa lelah, Anda bisa mengambang saja di air.  

Itu dia beberapa jenis olahraga dan manfaatnya yang bisa Anda lakukan. Namun perlu diingat, bahwa setiap ibu hamil memiliki kondisi kehamilan yang berbeda. Jadi lebih baik, konsultasikan terlebih dahulu mengenai kondisi kandungan sebelum melakukan olahraga. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

0 komentar:

Posting Komentar