Selasa, 22 Agustus 2017

Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri haid di hari pertama menstruasi terasa amat menjengkelkan. Namun, itulah kenyataan yang harus diterima oleh para wanita setiap bulannya. Selain mengonsumsi obat antinyeri, ada cara lain yang dapat dilakukan para wanita untuk meredakan kram menstruasi.

Berikut saran dari dr Nadia Octavia dari situs Klik Dokter dikutip Health Liputan6.com

1. Perbaiki pola makan

Ganti sumber lemak jahat dengan sayur dan buah yang dapat membantu meredakan kram menstruasi. Sebaiknya konsumsi lemak dari ikan, kacang, dan minyak zaitun yang jauh lebih sehat daripada lemak yang berasal dari daging merah. Begitu pun saat minum susu, pilihlah yang rendah lemak.

2. Minum teh

Nadia menulis bahwa beberapa jenis teh dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan rempah yang ada di dalam teh membantu mengurangi peradangan dan kram pada perut wanita yang sedang menstruasi.

3. Konsumsi minyak ikan dan vitamin B1

Global Journal of Health Science yang terbit pada 2014 menyebut bahwa konsumsi minyak ikan dan vitamin B dapat mengurangi kram menstruasi.

4. Pijat


Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Obstetrics and Gynaecology, pemijatan dengan minyak esensial dapat mengurangi nyeri haid.

5. Kompres air hangat


Kompres diketahui dapat meredakan nyeri haid saat menstruasi. Namun, yang lebih dianjurkan, mengacu pada penelitian di Journal of Physiotherapy pada 2014 adalah air hangat.

6. Olahraga

Peragangan dan olahraga aerobik saat menstruasi dapat membantu meredakan nyeri haid. Ini disebabkan adanya pelepasan endorfin saat olahraga yang bisa menghilangkan rasa nyeri.

0 komentar:

Posting Komentar