Minggu, 20 Agustus 2017

Alasan Kenapa Orang Yang Obesitas Susah Untuk Diet

Obesitas dianggap sebagai salah satu pemicu penyakit yang selama ini sulit ditebak asal usulnya yaitu, kanker.

Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah dilakukan orang obesitas karena mereka kurang aktif bergerak akibat perubahan reseptor dopamin, demikian temuan sebuah studi.

"Kita paham bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan kesehatan secara keseluruhan, tapi tak banyak diketahui kenapa orang atau hewan yang obesitas menjadi kurang aktif," ujar penulis studi senior Alexxai V. Kraviz dari National Institute of Diabetes and Digestive Kidney Deseasse, AS.

Studi yang dipublikasikan jurnal Cell Metabolism ini baru diujikan pada tikus.

"Ada anggapan umum bahwa hewan obesitas tidak bisa bergerak bebas karena membawa berat badan ekstra sehingga membuat mereka tak bisa melakukan gerakan fisik. Tapi temuan kami menunjukkan bahwa penapat itu tidak bisa menjelaskan secara sepenuhnya," tambah Kravitz.

Hasil penelitian menunjukkan tikus yang obesitas menjadi tidak aktif lantaran disfungsi sistem dopamin. Kelebihan berat badan tidak menyebabkan berkurangnya gerakan tubuh. Penelitian pada enam komponen dopamin menunjukkan tikus yang kurang aktif mengalami penurunan reseptor dopamin D2.

"Ada faktor-faktor lain yang juga menyebabkan hal ini tentu. Tetapi penurunan kadar D2 cukup menjelaskan berkurangnya aktivitas," ujar penulis utama penelitian, Danielle Friend, dikutip laman Times of India.

0 komentar:

Posting Komentar